Dimana object itu berada ?

Setelah membaca blognya Brandon George di salah satu artikelnya membahas tentang Map. Temporary table bisa digantikan dengan object Map dalam class atau report yang kita buat. Katanya, lebih cepat dari temp. table.

Tadi pagi setelah membaca, saya jadi tertarik untuk mencobanya sendiri. Setelah mencopy code yang ada di blognya Brandon dan mempastekannya di method classDecalaration, muncul error message ‘syntax error’. Aneh memang, setelah sekian lama menulis syntax Axapta, baru kali ini diteror dgn syntax error…Tidak biasanya…

Pikiran saya mengajak untuk mencari letak dari object Map tersebut lewat AOT. Cari di Data Dictionary -> Table, tidak ketemu.Di EDT, tidak ketemu juga. Ada object yang mirip-mirip seperti itu di Base Enums. Tapi tidak sama persis, yang dicari adalah Map, bukan MapEnum. Hmmm bingung, kira-kira ada dimana itu object berada..

Kenapa saya ingin tahu lokasi dari Map ? Karena dengan melihat properti dari suatu object, saya bisa melihat semua atribut yang melekat, metode yang bisa dipakai, parent dari object tersebut dll. Memang, asyiknya di Axapta, semua object yang ada di dalamnya, terlihat seperti tree-view, atau pasnya seperti Windows Explorer.

Ada yang bisa bantu saya mencari lokasi object Map ?😀


About this entry