Map Object

Setelah mencari selama seminggu ini akhirnya berhasil menemukan letak object Map. Email dari Brandon George yang bilang, saya harus lebih banyak lagi belajar X++ dan membaca kembali blognya, jadi pelecut untuk memperbaiki kualitas pemrograman di Axapta dengan menggunakan object Map sebagai pengganti temporary table.

Ada yang lain juga dalam progress mempelajari Map, saya melihat dokumentasi yang sangat banyak diberikan Axapta ke kita sebagai developernya atau lebih pasnya penggunanya.

Di dalam AOT -> System Documentation -> Classes, ada banyak informasi tentang class yang ada di Axapta. Untuk class yang kita buat sendiri, tercantum di dalamnya, tetapi tidak ada keterangan apapun yang bisa dibaca. Entah bagaimana caranya memasukkan keterangan untuk class yang kita buat sendiri. Belum ketemu😀

Map object terletak di  AOT -> System Documentation -> Classes, MapEnumerator juga ada disana. Contoh penggunaannya pun ada. Sewaktu membaca contoh kodingnya, baru saya tahu letak kesalahan yang kemarin. Saya membuat menginstansi Map di dalam method classDeclaration, sedangkan di contoh, Map bisa langsung diinstansi di method yang akan kita execute. Akhirnya, saya membuat method yang isinya Map yang sudah diinstansi, mirip seperti contoh dari AOT.

void MapDeclare()
{

// Declare a map mapping string keys onto integer values
map simap = new map(types::string, types::integer);

// Insert some values into the map. The map maps names to ages:

simap.insert(“Peter”, 24);
simap.insert(“Paul”, 56);
simap.insert(“Mary”, 35);
simap.insert(“John”, 56);

print simap.toString();

pause;

}

Kode diatas belum bisa dilihat hasilnya, karena belum menginherit method LastValueElementName ke dalam class….


About this entry