Beralih ke Java ?

Sabtu kemarin, ada teman yang bawa cd Solaris yang bisa running di x86 atau pc. Lisensinya free, hardware spek yang disyaratkan lumayan berat, minimum 512 mb. Lalu yang versi developer editionnya, lebih gile lagi, 712 mb, minimum, karena di dalamnya sudah ada tool yang terinstal secara default, tanpa penambahan instal dari user. Yang tersebut adalah, mulai dari j2ee, netbeans, postgresql, mysql, dll. Hmm benar benar lingkungan yang ideal untuk seorang pengembang perangkat lunak…Sayangnya saya cuma bisa gigit jari melihat solaris diinstal, karena spek perangkat komputer yang saya punya belum bisa memenuhi requirementnya. Kapan ya bisa punya seperti itu ?

Akhirnya daripada nanti kepikiran yang bakal ke arah stress, saya instal j2ee nya dan eclipse di pc saya yang punya hard disk 80gb, dengan memori 128mb. Walhasilnya, saya bisa belajar dengan tenang, dan lambat but sure menuju development di java platform.

Ada bahan bacaan yang bilang, kalau jikes adalah jvm yang paling cepat yang pernah ada. Saya sudah pasang di pc, tapi masih belum ketemu caranya menghubungkan antara jikes dengan eclipse di lingkungan windows. Ada yang bisa bantu, karena saat ini saya juga sedang mempertimbangkan jrockit dari BEA. Siapa tahu lebih cepat untuk eclipse di pc saya hehehhe…

powered by performancing firefox


About this entry