Darimana memulainya ?

Ya, pertanyaan ini sering diajukan ke saya kalau bertemu teman sesama pengembang perangkat lunak Foxpro. Apa yang harus saya lakukan untuk memulai mengembangkan aplikasi di java dengan paradigma berangkat dari Foxpro ?

Pertama, apa yang ingin saya tulis semata-mata hanya pengalaman pribadi saya saja yang mengalami perpindahan dari Foxpro ke Java, jadi belum tentu bisa digunakan secara general untuk teman-teman dari bahasa pemrograman yang lain.

Kedua, pikiran yang ada di tulisan ini adalah campuran dari diskusi saya dengan Feri Lauw dan Machfud, teman-teman seperjuangan ketika mendengar pengumuman geledek dari Microsoft, tentang rencana mereka tidak melanjutkan pengembangan Visual Foxpro versi 10.

Apa sih Java itu ?

Java adalah sebuah platform dan bahasa pemrograman yang bisa kita gunakan membangun aplikasi. Jika membuat program dalam Java, dijamin program kita bisa jalan di beberapa OS yang berbeda tanpa kita harus membuat ulang. Sekilas mirip browser, tapi Java lebih dari itu, karena program yang kita buat tidak hanya jalan di browser saja, aplikasi Graphical User Interface (GUI) yang biasa kita buat di Foxpro, bisa kita bangun di Java tanpa harus merubah baris-baris program untuk dapat jalan di Linux, Windows, FreeBSD, dll.

Perubahan paradigma dalam memahami sesuatu yang baru, baiknya lewat sumber yang valid. Jika mau belajar memahami Java, bacalah tutorial awal tentang Java. Mulai dari konsep OOP dan penerapannya di dalam implementasi bahasa Java tsb.
Baiknya teman-teman melihat situsnya di http://java.sun.com untuk melihat teknologi apa sih sebenarnya Java itu.

Langkah – langkah saya memulai Java adalah :

Download Java Virtual Machine (JVM) dari situs http://java.sun.com. Java Virtual Machine, adalah mesin yang digunakan untuk menjalankan aplikasi yang kita buat dari Java. Instal JVM di komputer kita. Memori yang dibutuhkan untuk menjalankan JVM tidak terlalu besar.

Siapkan editor untuk memulai menulis syntax Java. Saya tidak menganjurkan untuk memakai IDE kelas berat seperti Netbeans, Eclipse dll. Saya memulai java dengan menggunakan editor yang saya download dari http://www.sourceforge.net, namanya EJE. Ada banyak tersedia editor ringan di Sourceforge. Silahkan pilih sendiri sesuka anda.

Ingat pertimbangannya adalah besarnya pemakaian memori dalam komputer kita. Untuk kelas 128 mb sampai dengan 256 mb, saya menyarankan menggunakan EJE. Eclipse juga bisa dijalankan di lingkungan 256 mb, tapi ya itu lambat. Netbeans apalagi, untuk meloadnya saja butuh waktu lama di memori 256 mb.

Saya tidak menyarankan menggunakan Notepad apabila kita menggunakan Java di Windows, biarpun di tutorial ada contoh untuk membuat hello world menggunakan notepad. Mata saya pedas melihat syntax Java di Notepad. Tidak ada highlighting. Artinya tidak ada perbedaan yang jelas antara comment dan syntax yang bisa dirunning oleh kompiler. Teman-teman yang pernah merasakan editor Foxpro di DOS pasti tahu rasanya melihat syntax Foxpro hanya dalam warna hitam dan background hijau.😀

Tapi ingat jangan berkecil hati dengan memori komputer kita yang ada, karena ada jalan untuk bisa memahami Java dengan spek memori yang rendah.

Download tutorial dari http://java.sun.com. Ekstrak filenya di komputer kita, jadi kita bisa buka secara offline di rumah untuk mempelajarinya lebih dalam.

Mulailah menulis contoh program Java yang ada di dalam tutorial. Tulislah sendiri secara manual, jangan hanya mencopy dan paste ke dalam editor anda. Karena membiasakan diri untuk menulis syntax, akan lebih cepat memahami Java. Mulailah mencompile dan melihat apa sajakah error yang timbul dari penulisan kita. Belajar dari kesalahan akan membuat kita paham apa yang seharusnya kita lakukan.

Dan terakhir, semoga saya bisa menuliskan lagi apa yang saya tahu dari java untuk di share ke teman-teman. Ingat belajar java semata-mata bertujuan agar kita tidak terkunci di dalam satu alat yang bisa memonopoli kita. Jangan sampai pengalaman menyakitkan di Foxpro terulang lagi. Pasti bisa kita rasakan bagaimana rasanya alat yang biasa kita gunakan untuk menjemput rejeki tiba-tiba dihilangkan, kebingungan luar biasa kan ?

Semoga membantu

powered by performancing firefox


About this entry