2 or 3 tier

Metode mana yang lebih baik untuk client Axapta melakukan koneksi ke SQL Server ? Lewat 2 tier kah ata 3 tier ?

Apa itu metode 2 tier ? Yaitu metode koneksi antara client dengan server dimana aplikasi Axapta terletak di client dan data ada di server. Jembatan antara client dan server adalah ODBC.

Sedangkan 3 tier adalah metode koneksi antara client dengan server yang menggunakan AOS (Axapta Object Server). Apa lagi tuh AOS ? AOS adalah object yang bisa dipanggil oleh client Axapta untuk menjalankan aplikasi yang terletak di server. Jadi pc client Axapta bersifat sebagai dumb terminal, dimana aplikasi dan data yang dijalankan terletak di dalam satu mesin, yaitu mesin server.

AOS bersifat sebagai object multithread yang bisa dipanggil semua client yang terkoneksi ke server. Apa buktinya multithread ? Buktinya adalah AOS ini bisa dijalankan secara bersama-sama dari beberapa client di waktu yang bersamaan.

Saya lebih suka menggunakan AOS untuk koneksi antara client dan server. Karena tidak perlu lagi memikirkan bagaimana aturan domainnya,firewallnya, serta subnettingnya. Semua sudah diatur di object AOS. Jadi tinggal terima beres.

Powered by ScribeFire.


About this entry