Menambah field di tabel PurchTable

Ada permintaan user, bisakah ditambahkan field remarks di Purchase Order table ? Ok, saya bantu dengan langkah – langkah di bawah ini :

Membuat Purchase Order di Axapta, bisa dilakukan lewat menu Account Receivable > Purchase Order (PO). Dalam form Purchase Order, terdiri dari 2 table yang menampung isi PO. Tabel PurchTable dan PurchLine. Cara melihat tabel – tabel yang digunakan oleh form PO adalah, klik kanan di form, pilih setup. Maka akan tampil form setup dari form PO. Ada 2 tab di form setup, pilih tab Information untuk membuka design form PO. Pada bagian Form Name, disitu tertera PurchTable, lalu klik tombol edit. Maka terbukalah design dari form PO.

Di dalam design form PO, terdapat 3 buah node yang melambangkan komponen pembentuk form, ada Methods, Data Sources dan Design. Untuk menambah field remark di form PO, kita harus tahu tabel-tabel apa yang digunakan sebagai header dan detil. Field remarks sebaiknya diletakkan di tabel header, yaitu PurchTable tabel. Sedangkan detilnya adalah PurchLine tabel. Jadi selanjutnya kita akan memodifikasi tabel PurchTable.

Untuk modifikasi PurchTable bisa dilakukan lewat Axapta Object Tree(AOT). Di dalam node Data Dictionary > Tables. Kita expand node PurchTable, dan masuk ke node Fields.Klik kanan pada node tsb dan pilih new > string. Type field tidak hanya string yang bisa kita buat, ada real, date dan lainnya. Beri nama field yang baru terbentuk dengan remark, lalu terakhir klik tombol save, untuk menyimpan permanen modifikasi.

Modifikasi yang telah kita lakukan ternyata menuntut user untuk menutup semua pekerjaan yang membuka tabel PurchTable. Ada windows notification yang muncul untuk memberi tahu semua user yang sedang bekerja untuk menutup sementara. Karena itu ada baiknya, jika ingin memodifikasi PurchTable, kita lakukan setelah tidak ada user yang bekerja dengan PurchTable. Klik Yes, untuk pilihan di window notification tersebut.

Terakhir, saya saran untuk melakukan synchronization di node Data Dictionary. Karena akan mengupdate semua tabel yang berhubungan dengan modifikasi yang dilakukan di PurchTable.


About this entry