Benar atau salah ?

Setahu saya dalam akuntansi, jika ada journal penerimaan bank, account bank akan diletakkan dalam kolom debet. Lawannya pasti kredit, apapun accountnya. Umumnya yang sering dipasangkan adalah account customer, karena digunakan untuk mengurangi piutang di customer. Journal penerimaan juga umumnya digunakan untuk penerimaan payment customer.

Dalam Axapta, ada kelebihan yang menurut saya, bagus. Yaitu, kita bisa meletakkan detail journal penerimaan dalam satu baris, bagian sebelah kiri untuk sisi debit dan sebelah kanan untuk kredit. Istilah di Axapta, sisi sebelah kiri adalah account dan sisi sebelah kanan adalah offset account.

Tapi, disinilah letak ‘kesalahannya’. Jika ada journal penerimaan bank, dengan detil, sisi sebelah kiri atau debit untuk account customer dan sisi sebelah kanan atau kredit untuk account bank, apakah journal ini sebuah kesalahan ? Journal penerimaan bank dengan isinya debit di customer dan kredit di bank. Penerimaan diletakkan pada sisi kredit ?

Bagusnya Axapta, tidak perduli isi account atau offset accountnya, selama hal itu balance, Axapta tidak menampilkan error maupun warning. Tetapi apakah hal ini benar secara akuntansi ?

Powered by ScribeFire.


About this entry