Bekerja dengan tabel Axapta dari Open Office Base

Sebelumnya, saya melakukan ini karena ada kasus dengan database yang dibuat dari Microsoft Access yang tidak bisa dibuka oleh Microsoft Access itu sendiri jika diletakkan dalam drive mapping.

Setiap kali membuka file mdb secara langsung di drive mapping, muncul error message yang berkaitan dengan security. Intinya file mdb tidak bisa dibuka jika diletakkan dalam drive mapping.

Saya coba cara lain dengan menghubungkan file mdb tersebut dengan ODBC. Lalu mencoba membuat koneksi dengan ODBC dari Access. Aneh bin ajaib, saya tidak menemukan interfacenya. Yang ada malah interface untuk membuka SQL Server. Saya coba restore dan attach file mdb ke dalam SQL Server dengan harapan bisa dibuka di Access. Tapi ternyata cara ini juga tidak berhasil.

Karena penasaran tidak berhasil membuka file mdb lewat ODBC di Microsoft Access, saya alihkan lewat Open Office. Yang saya gunakan versi 2.1. Lewat Open Office Base, yang awalnya diberikan wizard untuk koneksi ke ODBC, terbukalah file mdb tersebut, dan saya siap bekerja dengan tabel yang di dalamnya.

Saya perdalam lagi Open Office Base dengan membuka database Axapta, dan lagi-lagi hasilnya berhasil membuka database. Ternyata di dalam Open Office Base ada fitur untuk melakukan query dan view. Saya test dengan melakukan query di salah satu tabel Axapta. Fitur query Open Office bisa menghasilkan output yang sama persis dengan query di Query Analyzer SQL Server. Mantap !😀

Jadi sekarang saya punya banyak tool untuk melakukan query ke database Axapta, mulai dari Enterprise Manager, Query Analyzer sampai dengan Open Office Base….Nyaman !!!

Powered by ScribeFire.


About this entry