Menentukan waktu kerja

Sering kali kita ditanya sama bos atau customer, butuh berapa lama mengerjakan ini ? Apa jawaban anda ? Bisakah dengan sigap menjawabnya ? Atau butuh waktu 1-2 hari untuk menjawabnya ? Apa harus melihat dulu project schedule yang sudah ada ?

Kalau saya sering menjawab dengan waktu 2 kali lipat dari perkiraan. Misal untuk mengerjakan reporting, yang biasanya butuh waktu 3 hari, maka saya akan menjawab 6 hari selesai. Kelihatan molor ya ? Iya memang. Kalau misal membuat form master, yang bisa saya selesaikan 5 hari, maka saya akan menjawab selesai 10 hari. Tambah molor lagi dong…😉

Alasan saya melakukan ini adalah karena sering kali waktu yang saya targetkan untuk dicapai, meleset dengan berbagai sebab. Mulai dari sebab yang bisa saya perkirakan sampai dengan sebab yang tidak bisa saya perkirakan. Biar tidak kelihatan molor terus di mata bos atau customer, akan lebih baik kalau saya bisa menyelesaikan lebih awal dari jadwal.

Misalnya begini, ‘Pak, report / form sudah jadi lebih cepat dari jadwal semula’ Jawaban ini akan lebih enak didengar bos atau customer daripada jawaban ‘Mohon maaf pak,  report / form belum bisa saya selesaikan sesuai jadwal ‘ Pasti runyam tanggapan yang diberikan dari bos atau customer setelah mendengar jawaban kita.

Saya memilih dinilai bekerja lambat tapi bisa selesai lebih cepat dari jadwal, daripada dinilai tidak bisa bekerja sesuai jadwal. Memang ada lagi yang ideal, bekerja cepat dan selesai dengan tepat jadwal… Cita-cita semua orang😀 Dan ITers juga manusia…

Powered by ScribeFire.


About this entry