Salah satu penyebab AOS tidak jalan

Kemarin dulu saya main ke tempat kerja lama, karena ditelepon yang isinya memberitahu kalau di sana Axaptanya tidak jalan, atau tepatnya lagi AOSnya tidak mau running/up. Ok, saya datang, dan ber haha hihi dengan kawan-kawan lama, sambil tanya sana sini tentang kabarnya sekarang…

Setelah cukup dengan kangen-kangenan, saya langsung nyemplung ke kolam kubangan Axapta. Langkah – langkah yang saya lakukan sewaktu mengangkat AOS yang tenggelam adalah :

1. Cek konfigurasinya, untuk melihat ada perubahan atau tidak.

2. Cek folder appl-nya, apakah ada perubahan aplikasi baru ?

3. Cek SQL Server Servicesnya, apa ada yang stop ? Dan…ketahuan deh penyakitnya..SQL Server tidak bisa dijalankan, ada tanda lampu merah yang mengindikasikan matinya SQL Server. Kalau seperti ini kan sudah jelas sumbernya, aplikasi Axapta kondisinya OK, yang bermasalah yaitu di SQL Servernya. Yang sekarang saya harus lakukan adalah, menjalankan services SQL Server Services sehingga Services lain yang bergantung sama SQL Server, juga bisa jalan.

4. Untuk kasus sekarang, Services SQL Server tidak bisa jalan karena nama user yang digunakan tidak sama dengan nama user yang diperbolehkan oleh SQL Server. Entah user name-nya atau password-nya yang masalah, saya tidak tahu persis. Saya hanya mengembalikan ke user name default, yaitu ….dengan password…. Maap ini private area, nanti kalau saya publish, bisa modar saya dikejar-kejar orang tempat kerja yang dulu he he he.. Setelah Services SQL Server jalan beserta Services lainnya, terakhir saya coba start lagi AOSnya…Dan..jreng….AOS mulai ngangkat lagi bergerak ke atas dari kubangan lumpur cercaan user yang terhambat kerjanya😀

Jadi, kesimpulannya, AOS Axapta amat sangat bergantung dari SQL Server. AOS akan mati kalau SQL Server mati…

Powered by ScribeFire.


About this entry