Wp-hackers

Tadi siang sedang baca arsip di milis wp-hackers. Ada satu thread yang menggugah hati saya. Disana bilang wordpress memenangkan salah satu penjurian hall of fame blog. Saya tidak pasang disini linknya. Ada satu reply yang berbeda dari reply lainnya yang kebanyakan memuji. Dan reply itu yang menggugah saya untuk menuliskan posting ini. Reply itu berbunyi ‘come on folks, lets continue fixing and creating something better for this blog machine’.

Mungkin inilah semangat berbagi diantara hacker. Semua merasa dipintarkan oleh semangat hacker senior diantara mereka. Tidak perduli dengan juara. Biarpun sudah juara tetap saja semangat improvisasi, memperbaiki, menambal, semua dilakukan sukarela. Tanpa ada perintah komando seperti atasan ke bawahan, jenderal ke prajurit.

Semua egaliter. Sejajar. Setiap hacker adalah relawan yang sengaja memilih untuk mengerjakan sesuatu sesuai kata hati. Sesuai pilihan hati. Tidak ada paksaan dari siapapun. Semangat relawan semoga tidak padam selamanya. Semangat berbagi ini sudah terbukti mampu memintarkan banyak orang.


About this entry